top of page

Cara Efektif Menurunkan Demam Pada Anak

Demam adalah salah satu keluhan yang paling umum muncul pada anak-anak. Meski demikian, ada beberapa cara yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah untuk menurunkan demam pada anak. Jadi, para orang tua jangan langsung panik ya.



Demam adalah bentuk respons sistem imun untuk mempertahankan diri dari infeksi yang disebabkan baik dari virus atau bakteri. Demam biasanya tidak selalu berbahaya dan beberapa dapat mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari.



Langkah-langkah Menurunkan Demam Anak


1. Gunakan Baju Yang Nyaman

Hindari memakai baju yang tebal karena memakai baju yang tebal akan membuat suhu tubuh semakin tinggi dan sulit mengeluarkan panas tubuh, sehingga demam anak akan susah turun.


2. Perbanyak Minum Air

Ketika tubuh sedang panas, air dalam tubuh akan berkurang lebih cepat dan bisa mengalami dehidrasi. Maka dari itu, perbanyaklah minum air agar tidak dehidrasi.


3. Istirahat Yang Cukup

Setelah mendapat perawatan dan minum obat, biasanya anak mulai merasa lebih baik dan kembali aktif. Tetapi, hendaknya orang tua perlu memastikan anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup sampai kondisinya benar-benar pulih serta suhu tubuhnya turun.


4. Pastikan Suhu Ruangan Nyaman

Pastikan suhu ruangan nyaman, tidak panas ataupun dingin. Kipas angin atau AC boleh dihidupkan, namun jika terlalu dingin pakaikanlah selimut tipis ke anak.


 

Kapan Harus Ke Dokter

  • Suhu tubuh melebihi 40°C

  • Demam pada anak yang sangat kecil (<3 bulan)

  • Adanya perubahan warna kulit atau perubahan tekstur

  • Ruam kulit

  • Kesulitan bernapas

  • Ada riwayat kejang sebelumnya



Ditinjau oleh: dr. Viena Tantyo


Referensi:

  • Arias, D. Chen, T. F. Moles, R. J. (2019). Education Interventions on Fever Management in Children: A Scoping Review. Nursing Open. p713-721. https://doi.org/10.1002/nop2.294

  • El-Radhi A. S. (2012). Fever management: Evidence vs current practice. World journal of clinical pediatrics, 1(4), 29–33. https://doi.org/10.5409/wjcp.v1.i4.29

  • Leung, A. K., & Robson, W. L. (1992). Fever in Childhood: Part 1: diagnosis and management. Canadian family physician Medecin de famille canadien, 38, 1832–1836.

101 views0 comments

Klinik Lina. Jl. Demak No.2-2A, Sei Rengas Permata. 082114399791

©2020 Klinik Lina. All Rights Reserved.

bottom of page