top of page

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi di Usia 6 Bulan Pertama

Updated: Jun 11, 2021

ASI merupakan makanan terbaik dan utama bagi bayi. Karena begitu banyak manfaatnya, sehingga para ibu dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif pada sang bayi untuk 6 bulan pertamanya. Lantas, apa saja sih manfaat dari ASI?


Manfaat


1. Mengandung Banyak Nutrisi

Pada usia 0-6, sang bayi hanya memerlukan ASI sebagai makanannya. Mengapa demikian? Karena ASI penuh dengan berbagai zat penting termasuk karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin, dan mineral yang akan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.


2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain nutrisi, ASI juga mengandung antibodi yang dapat membantu tubuh melawan berbagai jamur, bakteri, dan virus, sehingga bayi yang diberi ASI akan beresiko lebih rendah untuk terserang penyakit.


3. Mudah Dicerna

ASI mengandung karbohidrat, protein, lemak, multivitamin, air, kartinin dan mineral secara lengkap yang sangat cocok dan mudah diserap secara sempurna dan sama sekali tidak mengganggu fungsi ginjal bayi yang sedang dalam tahap pertumbuhan.


4. Mengurangi Resiko Alergi

Pemberian ASI juga dipercaya dapat membuat bayi terhindar dari alergi yang biasanya timbul karena konsumsi susu formula.


5. Memperkuat Hubungan Ibu dan Anak

Ketika menyusui, Anda akan bersentuhan dengan kulit sang bayi dan saling bertatapan. Hal ini dapat membuat bayi merasakan kasih sayang ibu secara langsung saat proses menyusui.


 

Pemberian ASI eksklusif selain bermanfaat bagi bayi juga bermanfaat bagi ibu dan diantaranya adalah:

  • Menjaga kesehatan ibu dengan mengurangi risiko terkena kanker payudara.

  • Membantu perekonomian keluarga karena mengurangi pengeluaran untuk susu formula.

  • Sebagai kontrasepsi alami saat ibu menyusui dan sebelum menstruasi.



Ditinjau oleh: dr. Surya Hartanto


Referensi:

  • Rosita, N. A. (2016). PERAN DUKUNGAN ORANG TUA FAKTOR YANG PALING BERPENGARUH TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSLUSIF. Unnes Journal of Public Health. 5 (4). p355-365

  • Umboh, E., Wilar, R. and Mantik, M. F. J. (2013) ‘Pengetahuan ibu mengenai manfaat asi pada bayi’, Jurnal e-Biomedik.

  • Yusrina, A., Devy, S. R. (2016). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT IBU MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF DI KELURAHAN MAGERSARI, SIDOARJO.

13 views0 comments

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page