top of page

Pedoman Gizi Seimbang Anak Sekolah

Updated: Feb 9, 2021

Usia anak sekolah dasar (middle childhood) merupakan masa kritis untuk tumbuh kembang seorang anak. Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, perlulah didampingi dengan nutrisi dan gaya hidup yang sehat.


Ketika anak mulai memasuki sekolah dasar, kebiasaan dalam memilih makanan dan gaya hidup pun akan berkembang sampai seumur hidup. Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengajarkan gaya hidup sehat sejak dini.


Pedoman Gizi Seimbang Anak Sekolah


1. Makan Makanan Yang Bervariasi

Banyak penelitian menunjukkan bahwa nutrisi memiliki peran penting dalam perkembangan fungsi kognitif anak terutama seng dan zat besi. Pentingnya makan secara bervariasi, karena tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan anak sekolah.


2. Terapkan Perilaku Hidup Bersih

Penerapan prinsip dan kebiasaan hidup bersih sangat penting untuk mewujudkan gizi seimbang. Kebiasaan hidup tidak bersih antara lain akan berisiko timbulnya penyakit infeksi yang merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan berpengaruh terhadap status gizi. Contoh hal yang bisa dipraktekkan adalah membuang sampah pada tempatnya, dan mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum makan.


3. Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik mampu merangsang perkembangan otot-otot sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan yang optimal. Aktivitas fisik yang dapat dilakukan pada anak sekolah adalah bermain dan olahraga, seperti loncat tali, petak umpet, sepak bola, bulu tangkis, bersepeda dan jogging.


4. Monitor Berat Badan Ideal

Pemantauan berat badan ideal merupakan hal yang harus menjadi bagian dari pola hidup gizi seimbang. Jadi, biasakanlah menimbang berat badan secara rutin agar dapat mengatur pola hidup yang sehat.


 

Pesan Gizi Seimbang:

  • Jangan melewatkan sarapan pagi.

  • Perbanyak konsumsi sayur dan cukup buah.

  • Biasakan membawa bekal dan air putih dari rumah agar mengurangi jajanan yang tidak sehat di luar.

  • Batasi konsumsi makanan cepat saji.

  • Kurangi makanan dan minuman manis.

  • Hindari rokok.



Ditinjau oleh: dr. Viena Tantyo


Referensi:

  • BPOM. (2013). Pedoman Pangan Jajanan Anak Sekolah Untuk Pencapaian Gizi Seimbang.

  • Graham, J. (2016). Nutrition and Health in Children and the Role of the Healthcare Worker. Ausmed. https://www.ausmed.com/cpd/articles/nutrition-for-children

  • Nyaradi, A., Li, J., Hickling, S., Foster, J., & Oddy, W. H. (2013). The role of nutrition in children's neurocognitive development, from pregnancy through childhood. Frontiers in human neuroscience, 7, 97. https://doi.org/10.3389/fnhum.2013.00097

  • Unicef. (2019). Children, food and nutrition. Growing well in a changing world. UNICEF, New York.

5 views0 comments

Kommentare


Die Kommentarfunktion wurde abgeschaltet.
bottom of page