top of page

Tips Menghindari Baby Blues Pasca Melahirkan

Baby blues umum terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan. Baby blues adalah munculnya rasa sedih, stres, ataupun mood yang tidak stabil pasca melahirkan. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih tentang baby blues dan cara untuk menghidarinya.


Ciri-ciri Gejala Baby Blues


Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri gejala baby blues yang umum terjadi pada ibu pasca melahirkan:

  • Mudah menangis dan sedih tanpa alasan

  • Sering merasa cemas

  • Rasa lelah

  • Sulit untuk tidur

  • Nafsu makan berkurang

  • Mudah merasa jengkel


Tips Menghindari Baby Blues


1. Istirahat Yang Cukup

Dengan istirahat yang cukup, ibu akan mengurangi kelelahan dan mengurangi pikiran negatif yang bisa memengaruhi suasana hati alias mood.


2. Konsumsi Makanan Bergizi & Teratur

Kunci agar ibu hamil terhindar dari baby blues adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Selain mengonsumsi makanan sehat, ibu juga perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.


3. Bicaralah / Curhat Kepada Pasangan

Saat pikiran terasa terlalu penuh, cobalah untuk berbicara dengan suami atau orang yang bisa memberi rasa nyaman. Sebab jika dibiarkan, pikiran-pikiran tersebut bisa menyebabkan ibu merasa stres dan berujung pada depresi.


4. Suami Ajak Jalan Keluar Rumah

Ajak istri jalan ke luar rumah untuk menikmati udara segar agar istri tidak merasa bosan di rumah. Di samping membantu mengatasi baby blues, mengajak istri pergi ke luar juga bisa sebagai bentuk quality time setelah Anda berdua memiliki anak.


5. Olahraga Ringan

Orang yang berolahraga secara teratur memiliki kesehatan mental dan emosional yang lebih baik, dan tingkat penyakit mental yang lebih rendah. Lakukanlah olahraga ringan 30 menit - 1 jam per hari atau lakukan aktivitas yang disukai.

27 views0 comments

Klinik Lina. Jl. Demak No.2-2A, Sei Rengas Permata. 082114399791

©2020 Klinik Lina. All Rights Reserved.

bottom of page